Pelajaran 13-15 kelas VII
Soal!!!
Aku Ditengah Keluarga Pel 13
I. Berilah Tanda (X) Pada Hurup A, B, C, Dan D Di Bawah Ini!!!
01. Berkat apa yang kita terima deri Allah jika kita menghormati orang tua menurut Kitab Suci Kel 20:12?
a. Berkat kekayaan yang berlimpah
b. Berkat kepintaran yang tiada tanding
c. Panjang umur dan perlindungan di tanah terjanji
d. Tanah terjanji
02. Bagaimana bentuk tanggung jawab anak di tengah keluarga?
a. Mengerjakan tugas-tugas orang tua
b. Menjaga kebersihan rumah, mengurusi pakaian sendiri, dan mencintai semua anggota keluarga
c. Menggantikan posisi abu memasak di dapur
d. Selalu lari dari segala tugas yang diberikan orang tua
Hidup Bersama Orang Lain Pel 14
03. Relasi yang patut kita junjung tinggi dalam hidup bersama adalah!
a. Egois/maunya menang sendiri
b. Belajar yang rajin
c. Mencintai para koruptor
d. Saling pengertian anatara pribadi dan bekerja sama
04. Sebutkan contoh keteribatan yang dapat kamu wujudkan dalam hidup bersama dengan orang lain!
a. Mengikuti kerja bakti atau bakti sosial dan pertemuan-pertemuan RT/RW
b. Pergi ke Gereja
c. Mengerjakan pekerjaan sendiri dengan sukses
d. Selalu meminta pertolongan dengan orang lain
Aku Dan Sesama Dicintai Allah Pel 15
05. Menurutmu, apa yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan budaya kasih Allah dalam hidup bersama!
a. Mengasihi tanpa melihat latar belakang ekonomi sosial dan budaya seseorang hendaknya seperti Allah sendiri
b. Membeda-bedakan dalam bergaul
c. Hanya mau bergaul dengan orang-orang tertentu
d. Iri hati dan dengki
06. Bagaimana kehendak Allah terhadap manusia dalam hidup berelasi dengan sesama berdasarkan Yoh 15:12?
a. Kasihilah musuhmu
b. Jangan membunuh dan jangan mencuri
c. Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.
d. Berilah segala yang kamu punyai
II. Jawablah Pertanyaan Di Bawah Ini Dengan Uraian Yang Singkat Dan Jelas!
Aku Ditengah Keluarga Pel 13
07. Bila orang tua adalah wakil Allah, bagaimana kalian seharusnya bersikap kepada orang tua?
Hidup Bersama Orang Lain Pel 14
08. Apa yang dimaksud dengan Manusia adalah mahkluk Sosial?
Aku Dan Sesama Dicintai Allah Pel 15
09. ”Allah mencintai manusia dengan cara yang berbeda”. Jelaskan maksud dari kalimat tersebut!
KARTU SOAL
Kompetensi Dasar Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama | No Soal | Kunci | Buku Sumber | |
01 | d. Panjang umur dan perlindungan di tanah terjanji | - Lagu “Keluarga Cemara” - Teks KS Keluaran 20:12, Ef 6: 1-3 dan Ams 4: 1-13;6:20-22 - Komkat KWI. Sri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agama Katolik Untuk SMP, Buku Guru 1 dan Siswa 1B. Kanisius, Yogyakarta, 2004. | ||
Berkat apa yang kita terima deri Allah jika kita menghormati orang tua menurut Kitab Suci Kel 20:12? | ||||
Materi Aku Di Tengah Keluarga | ||||
Indikator soal Menjelaskan sikap yang perlu dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga, bertolak dari teks KS Kel 20:12, Ef 6:1-3 dan Ams 4:1-13; 6:20-22 |
Kompetensi Dasar Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama | No Soal | Kunci | Buku Sumber | |
02 | c. Menjaga kebersihan rumah, mengurusi pakaian sendiri, dan mencintai semua anggota keluarga | - Lagu “Keluarga Cemara” - Teks KS Keluaran 20:12, Ef 6: 1-3 dan Ams 4: 1-13;6:20-22 - Komkat KWI. Sri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agama Katolik Untuk SMP, Buku Guru 1 dan Siswa 1B. Kanisius, Yogyakarta, 2004. | ||
Bagaimana bentuk tanggung jawab anak di tengah keluarga? | ||||
Materi Aku Di Tengah Keluarga | ||||
Indikator soal Menunjukan macam-macam bentuk tanggung jawab anak dalam keluarga |
Kompetensi Dasar Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama | No Soal | Kunci | Buku Sumber | |
03 | d. Saling pengertian anatara pribadi dan bekerja sama | - Teks KS Mat 7:12: 22: 37-39 - Dokumen Gereja GS Art 29 - Kertas Folio yang sudah diberi gembar untuk dinamika kelompok - Komkat KWI. Sri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agma Katolik Untuk SMP, Buku Guru 1 dan Siswa Kelas 1B. Kanisius, Yogyakarta. 2004 | ||
Relasi yang patut kita junjung tinggi dalam hidup bersama adalah! | ||||
Materi Hidup Bersama Orang Lain | ||||
Indikator soal Merumuskan asas-asas hidup bersama berdasarkan Mat 7:12; 22:37-39 dan GS art 29 |
Kompetensi Dasar Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama | No Soal | Kunci | Buku Sumber | |
04 | a. Mengikuti kerja bakti atau bakti sosial dan pertemuan-pertemuan RT/RW | - Teks KS Mat 7:12: 22: 37-39 - Dokumen Gereja GS Art 29 - Kertas Folio yang sudah diberi gembar untuk dinamika kelompok - Komkat KWI. Sri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agma Katolik Untuk SMP, Buku Guru 1 dan Siswa Kelas 1B. Kanisius, Yogyakarta. 2004 | ||
Sebutkan contoh keteribatan yang dapat kamu wujudkan dalam hidup bersama dengan orang lain! | ||||
Materi Hidup Bersama Orang Lain | ||||
Indikator soal Menyebutkan contoh keterlibatan diri dalam hidup bersama |
Kompetensi Dasar Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama | No Soal | Kunci | Buku Sumber | |
05 | a. Mengasihi tanpa melihat latar belakang ekonomi sosial dan budaya seseorang, hendaknya seperti Allah sendiri. | - Cerita ”Kutukan Yang Tak Mumpan” - Lagu ”Ajari Kami Bahasa Cinta-Mu” - Teks KS: Mat 5 :43-48 dan Yoh 15: 9-17 - Komkat KWI. Sri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agma Katolik Untuk SMP, Buku Guru 1 dan Siswa Kelas 1B. Kanisius, Yogyakarta. 2004 | ||
Menurutmu, apa yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan budaya kasih Allah dalam hidup bersama! | ||||
Materi Aku Dan Sesama Di Cintai Allah | ||||
Indikator soal Menyimpulkan konsekuwensi sikap manusia atas tindakan Allah yang mencintai semua orang |
Kompetensi Dasar Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama | No Soal | Kunci | Buku Sumber | |
06 | c.Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. | - Cerita ”Kutukan Yang Tak Mumpan” - Lagu ”Ajari Kami Bahasa Cinta-Mu” - Teks KS: Mat 5 :43-48 dan Yoh 15: 9-17 Komkat KWI. Sri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agma Katolik Untuk SMP, Buku Guru 1 dan Siswa Kelas 1B. Kanisius, Yogyakarta. 2004 | ||
Bagaimana kehendak Allah terhadap manusia dalam hidup berelasi dengan sesama berdasarkan Yoh 15:12? | ||||
Materi Aku Dan Sesama Di Cintai Allah | ||||
Indikator Soal Merumuskan kehendak Allah kepada semua orang dalam relasinya dengan sesama berdasarkan Mat 5: 43-48 dan Yoh 15: 9-17 |
Kompetensi Dasar Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama | No Soal | Kunci | Buku Sumber | |
07 | Hormatilah ayahmu dan ibumu supaya lanjut umurmu ditanah yang diberikan Tuhan kepadamu Kel 20:12. maka dapat disimpulkan dari perikop ini mengenai apa yang harus dilakukan kepada orang tua sebagai wakil Allah, adalah menghormati dan mengasihinya. | - Lagu “Keluarga Cemara” - Teks KS Keluaran 20:12, Ef 6: 1-3 dan Ams 4: 1-13;6:20-22 - Komkat KWI. Sri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agama Katolik Untuk SMP, Buku Guru 1 dan Siswa 1B. Kanisius, Yogyakarta, 2004. | ||
Bila orang tua adalah wakil Allah, bagaimana kalian seharusnya bersikap kepada orang tua? | ||||
Materi Aku Ditengah Keluarga | ||||
Indikator soal Menunjukan macam-macam bentuk tanggung jawab anak dalam keluarga |
Kompetensi Dasar Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama | No Soal | Kunci | Buku Sumber | |
08 | Manusia adalah mahkluk sosial karena manusia selalu membutuhkan orang lain dan selalu bergantung pada sesame, tanpa orang lain manusia tidak mungkin bisa bertahan di dunia ini | - Teks KS Mat 7:12: 22: 37-39 - Dokumen Gereja GS Art 29 - Kertas Folio yang sudah diberi gembar untuk dinamika kelompok - Komkat KWI. Sri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agma Katolik Untuk SMP, Buku Guru 1 dan Siswa Kelas 1B. Kanisius, Yogyakarta. 2004 | ||
Apa yang dimaksud dengan Manusia adalah mahkluk Sosial? | ||||
Materi Hidup Bersama Orang Lain | ||||
Indikator soal Menjelaskan makna manusia sebagai mahkluk sosial |
Kompetensi Dasar Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama | No Soal | Kunci | Buku Sumber | |
09 | Ukuran cinta Tuhan sangatlah berbeda dengan ukuran manusia. Umumnya manusia mencintai orang yang baik dan yang menguntungkan saja. Tapi Tuhan mencintai semua orang, yang jahat maupun yang baik. | - Cerita ”Kutukan Yang Tak Mumpan” - Lagu ”Ajari Kami Bahasa Cinta-Mu” - Teks KS: Mat 5 :43-48 dan Yoh 15: 9-17 Komkat KWI. Sri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agma Katolik Untuk SMP, Buku Guru 1 dan Siswa Kelas 1B. Kanisius, Yogyakarta. 2004 | ||
”Allah mencintai manusia dengan cara yang berbeda”. Jelaskan maksud dari kalimat tersebut! | ||||
Materi Aku Dan Sesama Dicintai Allah | ||||
Indikator soal Menjelaskan tanda bahwa Allah mencintai semua orang dengaan cara yang berbeda-beda |
KISI-KISI SOAL AGAMA KATOLIK SEMESTER I
Mata Pelajaran | : Pendidikan Agama Katolik | Jumlah Soal | : 9 Butir |
Satuan Pendidikan | : Smp | Bentuk Soal: | |
Kurikulum | : KTSP | a. Pilihan Ganda | : 6 Butir : 01 s/d 06 |
Alokasi Waktu | : 80 Menit | b. Isian | : 3 Butir (01-06) |
Keles Semeter | : VII/ 1 | c. Uraian | : |
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
01 | Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama. Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama. Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak lepas dari peran serta keluarga dan sesame disekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama menghargai sesama. | Aku Ditengah Keluarga Hidup Bersama Orang Lain Aku Dan Sesama Dicintai Allah | · Menjelaskan peran orang tua dan saudara-saudara ditengah-tengah keluarga bagi perkembangan pribadi · Menunjukan macam-macam bentuk tanggung jawab anak dalam keluarga · Menjelaskan sikap yang perlu dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga, bertolak dari teks KS Kel 20:12, Ef 6:1-3 dan Ams 4:1-13; 6:20-22 · Menyusun doa untuk keluarga · Menjelaskan makna manusia sebagai mahkluk sosial · Menemukan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam berrelasi dengan orang lain · Merumuskan asas-asas hidup bersama berdasarkan Mat 7:12; 22:37-39 dan GS art 29 · Menyebutkan contoh keterlibatan diri dalam hidup bersama · Melakukan observasi tentang kehidupan bersama dalam kelompok kegiatan remaja dan memberikan penilaian kritis · Menjelaskan tanda bahwa Allah mencintai semua orang dengaan cara yang berbeda-beda · Merumuskan kehendak Allah kepada semua orang dalam relasinya dengan sesama berdasarkan Mat 5: 43-48 dan Yoh 15: 9-17 · Menyimpulkan konsekuwensi sikap manusia atas tindakan Allah yang mencintai semua orang · Menyusun doa untuk kerukunan masyarakat dan kedamaian dunia. | Isi =1 PG = 2 PJ = 1 PG = 2 PG = 2 Isi = 1 | 07 01 s/d 02 08 03 s/d 04 05 s/d 06 09 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar